RSS Feed

Kegagalan (Glitch) Pemotongan Quota pada Paket Bronet dan Obor dari Axis

Ini adalah pengalaman gw sendiri.

Sebagai informasi, paket Bronet dan paket Obor adalah paket internet berbasis quota dari Axis. Quota paket Bronet terdiri dari dual timeband, pemakaian 00:00-06:00 dan 24 jam. Khusus yang 24 jam dapat digunakan seharian dari pukul 00:00 hingga 23:59. Gw menggunakan paket Bronet 2Gb 24 jam ini. Sedangkan paket Obor adalah paket internet khusus untuk malam dari pukul 00:00 hingga 06:00 pagi saja. Dan menurut keterangan dari situsnya, pada saat terjadi timeband bersamaan, maka paket Obor memiliki consumption priorityΒ (prioritas konsumsi) lebih tinggi daripada paket lainnya. Artinya, pada timeband yang sama, 00:00-06:00 yang akan dipotong adalah quota dari paket Obor. Gitchu…πŸ˜€

Kenapa gw sebut ini kegagalan ? atau lebih tepatnya gw ambil istilah bulenya, ‘glitch’ ? karena kedua paket ini gagal secara otomatis menukar timeband masing-masing saat terjadi pertukaran timeband. Malah saat ini, pukul 09:25 pagi (saat ketik ini), gw sedang download dan pas gw cek sisa quota kedua paket, ternyata oh ternyata quota yang terpotong adalah quota dari paket Obor yang seharusnya sudah berganti timeband tadi jam 06:00 ke timeband-nya si Bronet. Hadehhhh….

Gw mulai beli kedua paket ini 3 Januari 2016 kemaren. Trus gw pake seperti biasa. Nah pas antara jam 00:00 – 05:00 dini hari gw pake internetan. Gw cek sisa quota kedua paket. Ternyata yg terpotong adalah quota paket Bronet, bukannya quota paket Obor. Sialnya, gw download file-file besar, lebih dari 2 GB. Akibatnya quota paket Bronet gw amblas seketika hingga tinggal 0 KB.

Praktis seharian itu tanggal 4 Januari 2016 paket Bronet gak bisa dipake karena sisa quota udah tinggal 0 KB. Untung (?) ada bonus paket unlimited harian yg tiba2 diberikan oleh Axis hari itu. Jadi gw bisa kirim email untuk menyatakan keluhan gw.

Ini email gw ke cs-axis@xl.co.id …..

Dan ini jawaban mereka….



Gak lama, eeeh malah paket Bronet gw tiba-tiba hilang pas gw cek keberadaannya. Hahahaha …. mantap bah. Karena lama ditunggu gak juga ada perubahan, akhirnya gw mesti beli lagi paket Bronet 2 GB yang 24 jam karena gw gak bisa internetan lagi. Kok bisa ? kan ada bonus harian unlimited ? ya bisa lah, pulsa Axis gw habis bis bisss !! bonus harian unlimited itu kan potong pulsaaa… Wakakaka… sial banget…

Nah tadi malam, kira2 jam 1 lewat dini hari, gw coba lagi lakukan donwload. Tapi sebelumnya gw cek dulu sisa quota kedua paket gw. Sisa quota paket Bronet gw catat 1,95 GB, berkurang sedikit dari 2 GB karena udah gw paket sebagian semalam sore. Sisa quota paket Obor masih utuh 5 GB. Wokeh, udah dicatet. Sebelumnya gw lakukan perubahan timeband sesuai instruksi mereka. Gw restart deh HP gw karena gw gunakan HP gw sebagai hotspot via WiFi. Dan gw mulai donwload. Setelah gw cek sisa quota kedua paket, ternyata memang quota paket Obor yang dipotong. Well… sementara aman dan lancar. Gw download2 deh segala macam hingga kira2 pukul 4 lewat lah. Trus gw bobok lagi… hehehe. Laptop dimatikan. Tapi HP gw yang gw jadiin hotspot tetap aktif. Tetap aktif loh.

Nah pagi ini nih…. gw internetan lagi. Seperti biasa, paket HP sebagai hotspot. Tapiii…. ada yang aneh nih… hahaha

Pas gw cek sisa quota paket Bronet, tetap 1,95 GB. Quota paket Obor, 3,xx GB (lupa gw hehe). Trus browsing, downloading, searching, dan ing-ing segala macam lah…. nah logika gw, seharusnya yang terpotong kan quota paket Bronet karena saat ini udah lewat jam 6 pagi. Seharusnya quota yang dipotong adalah quota dari paket Bronet sesuai timeband-nya. Lah kok quota yang berkurang malah quota dari paket Obor ??? quota paket Bronet gw tetap aja 1,95 GB. Hadehhh…..


Gw penasaran, trus gw download beberapa file, gw cek lagi sisa quota kedua paket. Paket Bronet tetap, tapi paket Obor berkurang quotanya menjadi 3,14 GB. Berarti telah berkurang kira-kira 50 MB…


Hadehhh… kok bisa ya ??? kelupaan kali yak sistem Axis ganti timeband Obor ke Bronet ??? akkhh, gw masih penasaran…. Kemudian gw download lagi beberapa file, trus gw cek lagi… ternyata oh ternyata quota paket Obor memang berkurang menjadi 3,02 GB. Berarti telah berkurang kira-kira 120 MB (3,14 GB-3,02 GB). Lahhh jam segini, pukul 10:28 pagi kan harusnya paket Obor gak dipotong lagi quotanya ? hadehhh…. hahaha


Memang seharusnya gw tukar timeband secara manual sesuai instruksi mereka, yaitu restart paket data. Tapi khaann aneh gitu loh, kok penggunaan timeband kedua paket ini jadi gak otomatis gini. Kalo kayak gini terus kan bisa dimanfaatkan. Apalagi paket Obor ini termasuk murah. Hmmm… jadi kepikiran untuk memanfaatkan kegagalan sistem ini. Hahahahaha …

Hmmmm……


update :

Saat ini pukul 11:36… sisa quota paket Obor gw adalah 2,99 GB…. sedangkan sisa quota paket Bronet gw adalaaaaah 1,95 GB… hehehe

 

About fantubilog

just a simple ordinary man... my simple motto is 'no body is perfect' ... ...

19 responses »

  1. Haha.. Kupikir akhirnya dipost krn rugi lagi, ternyata krn untung..πŸ˜€

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  2. Sama bro qw jg kejadiannya persis ky gt,murah sih iya cm timeline ma spedd nya g tenttu.

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
    • iya brow.. murah meriah, apalagi kalo pas rabu rawit ama jumat baik… paket2 tertentu jadi murah…. tapi ya itu betul kata brow, speednya gak nentu… malah sering blank alias putus2 koneksinya… haha begitulah kalo paket2 murah ini… kebanyakan malah murahan… jd tergantung kita mau yg gimana… kalo suka ama yg murah2, ya mesti sabar dan tabah menghadapi semuanya hahaha

      Suka

      Balas
  3. terimakasih mas infonyaaa

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  4. Wah untung ada artikel ini, baru beli kartu axis soalnya mas bro 2gb bronet + 10 gb obor hrga 37rb, hehe thanks infonnya

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  5. Haaiii. Sama gw juga gt.. Gue punya 1 paket tp ada timeband-nya gt. Sayang banget, kuota gw kepotong di timeband 00-23:59.. kuota di timeband 01-06 ttp utuh meskipun gw sdh restart data network hp gw dan gw jg udah coba restart hp gw, manually. Terus lo dapet ganti rugi ga bro?

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
    • Haha ya gak lah sis… udh pernah komplen tp mereka minta data kita, no hp, alamat rmh, kelurahan kecamatan bla bla… mana mw gw.. hahha jd ya relakan aj dn manfaatkan aj celah kelemahan mrk… gethuu

      Suka

      Balas
  6. hard reset/ reset conection itu gimana caranya mas..?
    tolong jelaskan lagi.

    Suka

    Balas
  7. Wah ane ngalami jg hr ini kuota 24 jam ane tgl dikit.

    Kmrn obor bisa sd jam 7 wkt kuota 24 jam abis..

    Suka

    Balas
  8. Nice infoπŸ˜πŸ‘

    Disukai oleh 1 orang

    Balas
  9. Maksudnya apanya yg di restart gan

    Suka

    Balas
  10. Maksudnya apanya yg di restart gan apa data selulernya yg di matiin

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: