RSS Feed

Perbedaan POP3, IMAP & SMTP

Istilah POP3, IMAP & SMTP sering terdengar ketika melakukan seting mail client baik di PC Desktop atau SmartPhone, bahkan saat ini HP dengan harga yang tidak begitu mahal pun sudah dilengkapi dengan fasilitas email.

Namun tahukah Anda apa yang dimaksud dengan POP3, IMAP & SMTP ?

POP3 (Post Office Protocol version 3) adalah protokol yang digunakan untuk mengambil surat elektronik (email) dari server email. Protokol POP3 dibuat karena desain dari sistem surat elektronik yang mengharuskan adanya server surat elektronik yang menampung surat eletronik untuk sementara sampai surat elektronik tersebut diambil oleh penerima yang berhak

IMAP (Internet Message Access Protocol) adalah protokol standar untuk mengakses / mengambil e-mail dari server. IMAP memungkinkan pengguna memilih pesan e-mail yang akan ia ambil, membuat folder di server, mencari pesan e-mail tertentu, bahkan menghapus pesan e-mail yang ada. Kemampuan ini jauh lebih baik daripada POP (Post Office Protocol) yang hanya memperbolehkan kita mengambil/download semua pesan yang ada tanpa kecuali.

SMTP (Simple Mail Transfer Protocol) merupakan salah satu protokol yang umum digunakan untuk pengiriman surat elektronik di Internet. Protokol ini dipergunakan untuk mengirimkan data dari komputer pengirim surat elektronik ke server surat elektronik penerima.


Dari perbandingan di atas dapat dilihat bagaimana IMAP lebih baik daripada POP3 dalam melakukan sinkronisasi Folder dan Rule terhadap Webmail.

Untuk Anda yang menggunakan HP lebih baik menggunakan protokol IMAP, karena dengan menggunakan protokol IMAP, Anda bisa men-set apakah email diterima beserta attachment-nya atau cuma header-nya saja.

About fantubilog

just a simple ordinary man... my simple motto is 'no body is perfect' ... ...

3 responses »

  1. thanks infonya gan sempet bingun sama protocol🙂

    Suka

    Balas
  2. Thanx infox. Sudah lebih mengerti.

    Suka

    Balas

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s

%d blogger menyukai ini: